close

KEKAL – DEEPER UNDERGROUND 2018

IRS MEDIA

Dijaman seperti sekarang ini bisa kita katakan dalam membuat sebuah karya terlebih dalam bidang musik dapat lebih dipermudah dengan berbagai macam tekhnologi plugin yang berhamburan dengan berbagai macam kebutuhan dan kemampuannya. Dan menjadi solois dalam sebuah penggarap karya berupa musik, instrumentnya dapat dilakukan hanya dengan seorang diri saja, karena memang kemampuan dari berbagai macam bidang tekhnologi yang tersaji semakin berkembang, dan ini mejadikan kita untuk selalu untuk mampu meningkatkan kapasitas kemampuan diri. Progress ini pula yang menjadi pemicu pada salah satu band yang sempat menjadi salah satu Movement berpengaruh pada pergerakan musik metal indonesia pada pertengahan tahun 90an, dimana kehadiran “KEKAL” band jakarta yang terbentuk pada tahun 1995 ini mampu membius dengan konseptual musik yang mereka hadirkan dengan style Avant Garde / Experimental Metal.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa menjadi solois disaat era sekarang ini mungkin lebih mudah dari pada dahulu kala, dimana kini KEKAL yang resmi pada Agustus 2009 silam dimana JEFF ARWADi untuk memutuskan tetap mempertahankan eksistensi KEKAL didalam skena musik metal tanah air maupun global meskipun semua kreatifitasnya akan hanya dilakukan dan tertumpu dengan seorang diri saja. Mulai dari menulis lagu, membuat sebuah konsep musik, memainkan berbagai macam alat instrument, memproduseri, mengoprasikan sendiri teknis ketika recording hingga finally mixing serta mastering yang dilakukan sendiri serta mungkin bisa dengan mengajak beberapa macam musisi untuk featuring, serta berbagai macam kelebihan dan kekurangannya ketika melakukan seorang diri sebagai One Man For All. Kekal sendiri sudah mempunyai 10 album Full sejak mereka berdiri hingga album mereka terakhir 2015 “Multilateral”, hingga pada Mei tahun 2018 kekal memperpanjang eksistensi Dischography mereka dalam menghasilkan karya, dimana FUll Album terbaru KEKAL ini diberi tittle “DEEPER UNDERGROUND” yang dirilis oleh label kenamaan asal kota Bogor (Indonesia) yaitu HITAM KELAM RECORDS.

Deeper Undergound ini sendiri memberikan sentuhan sentuhan yang cukup menarik melalui pola pattern konsep style musik yang cukup berbeda, jangan harap kalian akan menemukan suatu konsep pada album mereka yang sebelum-sebelumnya, dimana perkembangan jaman serta teknologi yang ada dengan berbagai macam proses keunikan hingga keseriusan karya itu tercipta merupakan suatu proses yang dapat menjadikan sebuah karya itu terdengar serta terasa berbeda antara album Kekal lainnya, meskipun memang benang merah dari kesemua album masih harus tetap terjaga dengan konsep style Avant Garde metalnya. Eksplorasi kreatifikas gila-gilaan tanpa batas di Album Deeper Underground ini kembali memberikan indra pendengaran kita sesuatu yang tak terduga, dimana memang proses penggojlokan instrumentnya KEKAL melalui Jeff Arwadi menerapkan pola yang bebas sesuai ekpresi apa yang dia suka serta rasakan yang meliputi waktu serta tempat pada saat itu sepertinya, dimana tidak seperti kebanyakan band lainnya dalam menggarap sebuah karya yang terstruktur dengan metode dan standar pola pakem yang mendasar.

Kreatifitas seorang Jeff Awardi tidak perlu diragukan lagi, banyak sesuatu yang unik serta sedikit “Out Of The Box” yang tidak biasa kita dengar coba diterapkan pada Album Deeper Underground ini, dimana banyak instrumen-instrument serta elemen-element baru, serta berani mengeksplore sound-sound serta beat tertentu yang coba diterapkan pada setiap komposisi musik di album ini yang membuat cukup menarik dan bervariasi pastinya. Album Deeper Underground ini sendiri menghadirkan 9 Track yang penuh muatan pesan-pesan yang cukup mendalam didalam kehidupan, sosial, politik, ekonomi, lingkungan sehari-hari umat manusia. Cover Artwork photography by Levi Sianturi mencoba menceritakan sebuah lubang gorong-gorong bawah tanah yang cukup besar nan gelap dimana hanya dihiasi oleh sedikit sinar remang-remang cahaya dari lampu yang seakan membawa kita untuk menelusuri larut kesuatu tempat yang lebih dalam lagi. Membuka layout demi layout kita akan disajikan dengan lirik-lirik lagu serta artwork-artwork Illustration yang sejalan dengan lirik lagu serta makna tema dari album “Deeper Underground” yang Kekal coba angkat serta ceritakan.

Konseptual musik yang memadukan unsur experimental berbagai macam style genre ini menjadikan sebuah klimaks yang mungkin membingungkan ketika pertama kali kalian orang awam mendengarkannya, bagaimana tidak berbagai macam instrumental serta elemet sedikit unik coba diterapkan didalam komposisi musiknya. Berbagai macam tempo naik dan turun pun tak luput menghiasai berbagai pattern, mulai dari beat-beat santai, hingga cepat disajikan silih berganti membuat kita terasa dibawa kesuatu alam berbeda… Ornament-ornamet pendukung dari syntesizer yang menghasilkan suara-suara elektronik nan unik serta sedikit horror dan kelam pun menjadi pemanis dan daya pikat yang cukup menarik disela-sela gempuran distorsi. Pemilihan pola lick-lick gitar simple dan catchy memang terdengar easy listening sehingga kita tidak hanya diberikan sesuatu yang mengejutkan melalui instrument lainnya, Rhytem gitar pun disajikan dengan sesuatu yang lebih mudah dicerna membuat kita mengalir saja mengikuti setiap sayatan demi sayatannya yang bersinergi dengan lead-lead yang terdengar manis untuk didengarkan, sehingga menjadikan suatu harmonisasi berkesinambungan antara bar demi bar nya yang disajikan memang terkadang cukup anjlok perpindahan bridgenya tapi disitu sisi kenikmatan dan keunikan yang Kekal sajikan.

Tune-tune khas electronic dari Syntesizer memang menjadi daya utama yang hampir menghiasai setiap lini komposisi arransmenet instrumentnya, banyak element-element style EDM yang diselipkan yang menjadikan suatu kejutan kejutan tak terduga, hingga penerapam sebuah sampling instrumental orchestra khs Gregorian yang terdengar kelam, epic terdegnar.Komposisi Pattern drum disini memang terdengar cukup bervariasi, mulai dari ketukan simple hingga rumit, dari ketukan santai hingga cepat ala blastbeat tersaji bercampur membuat sebuah pattern yang unik dengan iringan pola permainan bass yang terdengar cukup mengalir mengikuti tempo pattern dari gitar serta drum. Olah vocal Scream serta growl disini tersaji cukup epic penempatannya terlebih ketika mesti dibumbui dengan clean vocal dari featuring Voclucis membuat setiap komposisi musik di album Deeper Underground ini benar benar luas cakupannya tanpa terbelenggu satu buah style pakem tertentu. Dibalut dengan Sound secara keseluruhan yang terdengar sangat nyaman didengar dan detail setiap instrumentnya. Berbagai macam varian sound pun tak luput menghiasai sound drum demi membuat nyawa dari lagu itu menjadi selaras dengan komposisi dari sound sound tune elcetronic, sehingga mampu membuat hidup lagu tersebut bisa terdengar pedih atau kelam, riang dan sedikit santai, keras nan cepat dari unsur style metal semuanya menjadi campur aduk bagaikan gado-gado yang tetap nikmat untuk disantap.

So bagi kalian yang membutuhkan suatu konsep musikalitas yang cukup berani dengan bermain mengeksplore kreatifitas tanpa batasan suatu style genre tertentu yang membuat kita terkungkung pada pakem yang sama, Album penuh ke 11 milik KEKAL “DEEPER UNDERGROUND” siap menghadirkan sesuatu yang membuat indra pendengaran serta jiwa kita akan terhanyut mengikuti setiap irama demi irama yang tersaji begitu epic dan penuh kejutan yang tak terduga pada setiap komposisi arransement musiknya, setiap orang ketika mendengarkannya akan mempunyai esensinya tersendiri menurut kami didalam menikmati album Deeper Underground ini.

Jadi tunggu apalagi segera miliki sekarang juga CD nya, dan ada sedikit info apabila kalian membeli kemasan album yang dirilis via HITAM KELAM RECORDS ini, kalian akan mendapatkan sebuah bonus berupa secarik kertas yang berisikan COde untuk Free Dowload Full Album “DEEPER UNDERGROUND” secara Digital Format pada situs bandcamp milik Kekal Band.

“TRACKLIST”                                            
01.Root Of All Evil
02.Sanity Away From Sanity
03.Speed Of God
04.Rotten In The House
05.Deeper Underground
06.The Many Faces Of Your Faces
07.Revealment
08.Triple Evils
09.End Of Hegemony

Cover/Layout : 8.5
Materi Lagu : 8.5

Lineup :
Jeff Arwadi : All Instrument
Voxlucis : VOcals Feat “Revealment”
Label : HITAM KELAM RECORDS

Review (Hunter)

IRS MEDIA

Leave a Response