close

ODDWAIN, Rilis EP dan Music Video

Januari 2019 – Setelah merilis single bertajuk Unseen pada bulan Desember tahun 2018, Oddwain akhirnya mengumumkan dirilisnya EP mereka pada tanggal 22 Januari 2019 dengan nama La Cosa Nostra. EP ini merupakan kumpulan lagu yang direkam sejak awal berdirinya Oddwain hingga menjelang dirilisnya Unseen dalam waktu yang terpisah. La Cosa Nostra berisi lima lagu yang sarat akan perenungan atas pencarian diri, ketersesatan, dan kepasrahan dengan nuansa musik alternatif pop / indie rock. Lima lagu tersebut masing-masing berjudul Genuine Wanderer, Space Voyage, Unfinished Meaning Of Marital, Unseen, dan Rid The Needles.

Nama La Cosa Nostra diambil dari nama sistem gangster Italia di Amerika Serikat pada 1920-an seperti yang tergambar dalam film The Godfather. La Cosa Nostra secara literal bermakna “urusan kami”, pemaknaan literal inilah yang dijadikan inspirasi oleh Oddwain dalam menamai EP-nya. Diambilnya nama La Cosa Nostra dengan pemaknaan literal ini tak lain didasari oleh garis besar pesan yang terdapat dalam semua lagu yang terkandung dalam EP ini. Secara umum, semua lagu dalam La Cosa Nostra berisi tentang urusan-urusan dan pengalaman pribadi dari masing-masing personel Oddwain. Pengalaman yang digali dan disajikan dalam tiap lagu adalah pengalaman akan masalah yang lumrah terjadi pada pemuda usia 20-an seperti keresahan akan realita dan diri sendiri, kesedihan, ketakutan akan masa depan, dendam, hingga kemarahan. Penggalian yang semacam ini pada akhirnya berujung pada pemahaman bahwa manusia memanglah makhluk yang begitu saja muncul dan terserak di dalam realita yang kacau dan tak bisa dilampaui. Dalam keterserakan ini, Oddwain mencoba menciptakan satu makna besar atas kehidupan yang merangkum secara sementara perjalanan mereka dalam pusaran realita.  Makna besar ini menjadi sarana bagi masing-masing personil Oddwain untuk beristirahat, melihat sejenak kebelakang, merenungi sejarah kehidupan mereka yang tak bisa diubah dan membentuk mereka menjadi manusia seperti sekarang. La Cosa Nostra juga diharapkan dapat menjadi penanda bagi personil Oddwain bahwa mereka telah selesai dengan urusan pribadi masing-masing dan siap melangkah lebih jauh lagi untuk menciptakan jejak pada dunia yang lebih luas daripada sekadar diri sendiri.

Secara musikal, Oddwain terinspirasi oleh The Killers, The Kooks, Muse, hingga Coldplay. Keempat band tersebut menginspirasi sebagian besar dari penulisan lagu yang dilakukan Oddwain kendati ada banyak band/musisi lainnya yang juga memberikan inspirasi musikal yang tesimpan dalam memori-memori musik pada otak masing-masing personil dan secara tidak sadar turut mewarnai proses penulisan lagu, namun setidaknya empat band yang disebutkan di atas lah yang pengaruhnya mampu disadari oleh Oddwain. Secara lirikal, Oddwain dipengaruhi oleh filsuf-filsuf dan sastrawan yang mengusung nihilisme dan eksistensialisme seperti Friedrich Nietzsche, Jean-Paul Sartre, dan Albert Camus. Nihilisme dan eksistensialisme digunakan untuk membungkus pengalaman personal yang coba disampaikan melalui lagu-lagu dalam La Cosa Nostra.

            La Cosa Nostra merupakan artefak yang dibentuk oleh Oddwain untuk menandai sebuah perjalanan dalam kehidupan. Artefak ini merupakan penanda perjalanan masing-masing personel Oddwain dalam pusaran realita secara individual, sekaligus menjadi penanda keseriusan Oddwain dalam dunia musik. EP ini diharapkan dapat membuka ruang yang lebih lebar lagi bagi Oddwain untuk terus berkarya dan menciptakan jejak dalam dunia musik.

            Keseluruhan proses recording, mixing, dan mastering dari La Cosa Nostra Nostra ditangani oleh Rama Satria di Rama Project Studio. Rama Satria dipilih oleh Oddwain berdasarkan track record­-nya yang cukup mentereng. Rama Satria pernah terlibat dalam project album Zivilia (Aishiteru), Agnes Monica feat. Andi Riff dalam album pertama SBY, T2, hingga kompilasi nasional CocaCola Soundburst. Dalam project-project tersebut Rama Satria terlibat sebagai guitar director, penanganan tracking, hingga mixing. Selain track record yang bagus, Oddwain juga mempertimbangkan kedekatan personal dengan Rama Satria sehingga dapat mempermudah komunikasi dalam proses produksi EP.

 EP ini dikemas dalam bentuk audio CD dengan packaging digipak lengkap dengan lirik-lirik beserta informasi penting yang terkandung dalam La Cosa Nostra. La Cosa Nostra juga dapat diakses melalui Spotify dan Deezer. Bersamaan dengan dirilisnya EP ini Odddwain merilis sebuah Music Video untuk lagu Space Voyage. Music Video ini dapat diakses melalui Youtube.

ODDWAIN

Kepanjen, Kab. Malang, 65163

oddwainofficial@gmail.com / 082233858559 – 081359773214

Social Media:

Instagram            : http://www.instagram.com/oddwain

Fanspage             : http://www.facebook.com/oddwain

Twitter                 : https://twitter.com/oddwain

IRS MEDIA
Tags : Local newsNew releases